Mengenal Kentaro Miura , Pencipta Manga Bersek Yang Meninggal Dunia Di Usia 54 Tahun

Mengenal Kentaro Miura

Mengenal Kentaro Miura – Kabar duka menghampiri dunia manga Jepang setelah pencipta manga populer Berserk , Kentaro Miura , dikabarkan telah tutup usia di usia 54 tahun. Kentaro Miura diketahui meninggal dunia karena diseksi jantung yang ia alami pada 6 Mei 2021 lalu. Kabar duka ini telah disampaikan oleh penerbit komik Miura di AS, Dark Horse.

“Miura adalah seniman sekaligus pendongeng yang memiliki hak istimewa untuk menerbitkan beberapa karya terbaiknya termasuk Berserk. Dia akan sangat dirindukan. Duka cita kami sampaikan kepada keluarga dan orang yang dicintainya,” tulis penerbit Dark Horse dalam akun resminya.

Buat yang belum tahu , Berserk adalah manga terpopuler dan terpanjang sepanjang masa. Miura telah menulis dan mengembangkan serial manga ini sejak tahun 1989. Berserk merupakan anime yang berlatarkan dunia gelap , abad pertengahan, terinspirasi Eropa dan mengikuti dua tentara bayaran bernama Guts dan Griffith seperti dilansir dari Variety.

Nah untuk kalian yang penasaran dengan mangaka legendaris ini , yuk langsung saja kita simak profile Kentaro Miura di bawah ini.

Mulai Aktif Menggambar Sejak Usia 10 Tahun

Kentaro Miura lahir di Jepang pada 1966 dari seorang ayah yang berprofesi sebagai pembuat cerita iklan dan ibunya mengajar seni. Tampaknya pekerjaan kedua orang tuanya membuat Kentaro tidak asing lagi dengan dunia seni , terutama seni menggambar. Di usianya yang masih 10 tahun , Miurao sudah menciptakan seri manga pertamanya yang bernama Miuranger.

Setelah beranjak dewasa , Kentaro Miura masuk ke industri slot online manga profesional sebagai asisten George Morikawa, pencipta manga tinju Hajime no Ippo. Namun akhirnya Miura dipecat oleh Murikawa dengan alasan sudah tidak ada lagi yang perlu diajarkan dari bakat yang dimilikinya tersebut.

Miura akhirnya menunjukkan Morikawa buku sketsanya yang memiliki gambar dari apa yang kemudian dikenal sebagai Guts and Puck, karakter utama Berserk. Melihat sketa tersebut , Morikawa langsung percaya jika karyanya tersebut akan menarik minat publik , dan akhirnya terbukti saat ini.

Menerbitkan Berserk Setelah

Miura membuat edisi prototipe pertama Berserk dan mengirimkannya ke sebuah majalah pada 1988. Tak di sangka sangka , manganya tersebut berhasil memenangkan hadiah Manga-School majalah untuk tempat kedua.

Setelah lulus dari Universitas Nihon pada 1989 ,  angsuran pertama dari Berserk yang telah direvisi diterbitkan di Animal House (sebuah majalah yang kemudian akan digantikan oleh Young Animal). Serial ini lalu diterbitkan oleh Dark Horse Comics di Amerika Serikat. Mulai saat itu cerita seorang pendekar pedang bernama Guts mulai menarik perhatian dan disukai banyak orang.

Berserk dikenal karena ceritanya menyeimbangkan kekerasan dan kekejaman yang mengerikan dengan momen karakter yang menyentuh dan indah. Banyak yang terinspirasi oleh ketekunan karakternya meski hidup di dunia yang menginginkan mereka mati.

Berserk Jadi Inspirasi Karya Anime Lainnya

Dikenal sebagai salah satu manga paling berpengaruh sepanjang masa membuat Berserk berhasil menginspirasi karya hebat lainnya di dalam dan di luar manga. Seperti misalnya diadaptasi ke dalam video game Final Fantasy , salah satu waralaba role playing game sepanjang masa.

Selain video game , manga ini juga menginspirasi karya hebat lainnya seperti anime Castlevania yang tayang di Netflix. Adam Beast , selaku direktur asosiasi Powerhouse Animation dan asisten sutradara anime Castlevania mengatakan bahwa seperempat staf Castlevania mendapat inspirasi dari Berserk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *